10 Lagu yang Harusnya Ada di Musik Indonesia Sekarang !

Setiap orang bebas menentukan pilihannya sendiri, dalam hal jasmani maupun rohani dan hal surgawi dan duniawi. Ngomong-ngomong ,  saya memikirkan nasib dunia musik Indonesia  karena  kangen dengan  tren musik jaman dulu.

Bagaimana tidak? karena dulu adalah era dimana kreativitas anak muda mencapai puncaknya serta era dimana kita bisa mendalami idealisme dari musisi yang berkreasi.  Siapa yang tidak lupa Slank era masih bersama Bongky Marcell, Indra Q, dan Pay? Atau semua orang tahu bahwa Ari Lasso merupakan vokalis Dewa 19? Hingga siapa yang tidak terpengaruh musik remaja a la Base Jam, Pure Saturday, Cokelat, Padi, Wong, dan Sheila on 7 juga kompilasi album Indieten (1998)? Namun, itu  era MTV kita masih berwibawa dan ditayangkan di antv (meskipun tidak ada hubungannya, konon MTV yang terbaik adalah saat ditayangkan antv), era tayangan musik yang bagus  dan bermutu mendapat perhatian dari pihak sponsor, penonton, dan kritikus musik ( tidak seperti acara musik sekarang yang lebay dan hanya mengandalkan massa bayaran yang kadang tidak memahami apa yang dinyanyikan sang artis).

Nah, daripada ribut membahas era yang gak  mungkin terulang lebih baik saya menulis sesuatu yang dapat menjadi inspirasi :

10 Lagu yang Harusnya Ada di Musik Indonesia Sekarang

10. Plastik-Statis

Plastik Formasi Lengkap

Lagu ini muncul dari  band yang beranggota Ipang (kini vokalis Bip), Alex,  dan Didit (kini gitaris Evo), sebuah band yang  beraliran  grunge  (atau psychedelic rock ?)

Bercerita kehidupan perkotaan yang statis dan tidak  mungkin berakhir. Beratnya permainan gitar Didit yang mencoba menjadi Jimmy Page a la Indonesia ditambah beratnya  suara khas Ipang yang masih muda dan diiringi dengan permainan drum yang ciamik dari Alex yang mirip guest-guest band di kafe-kafe blues.  Dua sisi itu sudah cukup untuk menciptakan lagu ini menjadi lagu yang harus ada di musik Indonesia

9. LFM (Last Few Minutes)-Warik

Last Few Minutes, First and Last Album

Sebenarnya saya sudah membahas lagu ini pada posting saya mengenai LFM. Namun, untuk postingan ini akan saya beri bumbu penyedap bacaan. Di Indonesia sebenarnya mudah untuk menemukan band yang berkonsep akustik, namun banyak dari band tersebut berkualitas band penghibur atau band kafe, tetapi tidak dengan band ini!

Mengapa? Karena ini adalah band musikalisasi puisi sehingga karya-karyanya sangat puitis dan juga romantis. Juga, band ini pernah diisi dua orang musisi yang berpengaruh di industri mainstream musik Indonesia: FX Adam Joswara yang kini menjadi bassisnya Koil dan Ridho Hafiedz yang kini menjadi gitarisnya Slank, jangan lupakan nama Ari Malibu yang kini lebih banyak berkutat di dunia musikalisasi puisi dan dakwah (kemungkinan itulah yang membuat LFM dinilai baik oleh sebagian kritikus musik Indonesia saat mereka merilis album ). Dari ketiga orang yang berkualitas itulah mampu membuat lagu yang bertema sederhana “Warik” ini menjadi perhatian musik Indonesia.

8.Potret-Salah

Jarang lagu di Indonesia yang berkisah tentang rumitnya cinta yang tidak dibuat mendayu-dayu. Mengapa? ‘ Karena kita melayu, suka yang mendayu-dayu’  ( ERK-Cinta Melulu 2007). Sebuah alasan klasik yang didasarkan budaya yang perlu ditanyakan. Namun tidak  di lagu ini !

Potret, Sebelum "I Just Want To Say I Love You"

Potret, Sebelum "I Just Want To Say I Love You"

Awalnya lagu  pada album ” Potret II ”  ini berkisah tentang perselingkuhan antar pasangan (yang cowok sebenarnya selingkuh diam-diam terhadap sang cewek, sayang tidak seperti yang dipikirkan sang cowok : si cewek juga selingkuh), lama-lama lagu ini menjadi anthem tersendiri bagi para penggemar Potret selain Bunda, Bagaikan Langit, Mak Comblang, hingga Diam.

Dan, lagu ini seperti terpengaruh aliran musik remaja ala No Doubt (perhatikan gaya menyanyi Melly Goeslaw baik di rekaman hingga di video klipnya!). Keunikan lagu in berdampak dengan seringnya lagu ini mendapat hot request radio-radio hingga acara musik di tv-tv pada era 90’an hingga kini.

7. Dewa 19-Satu Hati (Kita Semestinya)

Dewa 19 dan Album-albumnya

Dewa 19 dan Album-albumnya

Ari Lasso adalah mantan vokalis utama Dewa 19 dan ‘mantan’ anggota terbaik band ini! Karena saat dia menjadi vokalis, Dewa 19 mampu mencapai kesuksesan yang rasional dan logis (tidak seperti sekarang saat kita melihat begitu sombongnya Ahmad Dhani dengan Republik Cintanya yang tidak menghasilkan apapun!) dan saat itu Dewa 19 dianggap sebagai Dewa 19 terbaik (ya formasi, ya musik). Buktinya? Ya lagu ini.

Sebuah lagu yang mengisahkan bagaimana harapan seorang pria terhadap wanita pasangannya yang semestinya satu hati dalam mengarungi hidup. Sebuah lagu romantis yang digarap secara romantis, karena menggabungkan elemen musik yang agak aneh kalau bersatu: biola, distorsi gitar ala John Petrucci (gitaris  Dream Theatre), efek Synthesizer ( sebenarnya di dunia sudah ada Dream Theatre untuk konsep musik seperti itu, namun yang saya maksudkan konsep musik yang sama namun lebih bagus dan asli karya anak negeri).

Uniknya, lagu ini bersama ‘Cukup Siti Nurbaya’ , yang terdapat pada album yang sama Terbaik-Terbaik, menjadi lagu yang mengingatkan orang bahwa  Ari Lasso pernah  menjadi vokalis Dewa 19.

6.  Godbless-Setan Tertawa

Lagu yang sangat misterius dan berani, sebab lagu yang seharusnya menjadi soundtrackfilm “Semalam di Malaysia” ini

God Bless Indonesia

malah memasukkan unsur politik yang sangat jauh dari cinta, tema film tersebut.Keberanian lagu ini adalah lirik-lirik semacam : ” Pahlawan Berkata dengan air mata: ‘ Perjuanganku terbuang percuma ! ‘ “, ” Wahai tuan yang berwajah bijaksana “, ” Anak dijual sangat murahnya “, ” harga diri dibuang asalkan harta”, ” mereka lupa Tuhan ada ” , serta ” membawa lagu ia berkata : ‘ Tambah kawan masuk neraka! ‘  ” .Secara musik, permainan gitar Ian Antono tidak dapat dibantah kemahirannya begitu pula dengan gaya Jockie Suryoprayogo dalam bermain Keyboard ala Keith Emerson ELP. Kesuksesan lagu ini juga diakui oleh Achmad Albar saat membawakannya pada suatu konser tahun 1976 dan juga lagu ini telah didaur ulang Boomerang di album Boomerang (1995)

5. Singiku-Kebebasan

Sebuah lagu new wave ala 90’an.  Berkisah tentang seorang gadis yang terlalu gembira merayakan kebebasan. Konon, video klipnyalah yang menjadi keunggulan lagu ini ( saya menyarankan lihatlah video klipnya daripada mendengarkan mp3 nya :), tapi sayang sampai sekarang belum ada yang tahu kanal tautannya di youtube karena pernah melihatnya di vH1) karena di dalamnya terdapat sosok Andhara Early saat masih muda 🙂 serta konsep bewarna cerah layaknya karnaval sirkus yang mengakibatkan video ini menjadi Video Terbaik Tahun 1997 oleh acara Video Musik Indonesia di RCTI.

6. Dewa 19-Mahameru

Dewa 19 Best Mark

Salah satu keunggulan lagu2 yang muncul di era 90’an adalah dalamnya arti lagu baik lagu cinta maupun non cinta, salah satunya Mahameru. Lagu tentang puncak gunung tertinggi di pulau Jawa sekaligus puncak abadi para dewa menurut legenda Jawa Kuno juga puncak impian para pendaki. Keberhasilan lagu ini karena adanya sosok Ari Lasso yang berpengalaman sebagai seorang anak pecinta alam (diakui dalam otobiografinya) sehingga mampu menghayati lagu ini juga suara Erwin saat menyanyi pada bait-bait awal. Lagu ini kini menjadi lagu tak resmi beberapa organisasi pecinta alam karena dalamnya arti lagu ini akan sebuah pendakian meskipun lagu ini kalah populer dari lagu-lagu Dewa 19 semisal Satu Hati (Kita Semestinya) maupun Cukup Siti Nurbaya . Ahh, jadi ingin menakhlukkan Mahameru 🙂

5. GIGI-Dewi Impian

Gigi Mark 1

GIGI Mark 1 = Thomas,Armand,Baron,Budjana,Ronald

Dewa Budjana bukanlah siapa-siapa jika bertemu Baron! Itulah yang saya simpulkan dari lagu ini. Intro lagu ini sudah cukup berbicara, dengarkan permainan gitar akustik (saya tidak tahu siapa yang memainkannya) yang sangat apik dan uniknya suara Armand Maulana dan selain itu ungkapan bahwa musik dengan akustik dan elektrik tak dapat bersatu mungkin terbantahkan dengan lagu ini. Dan kalau boleh jujur, saya kangen GIGI formasi pertama (album Angan serta Dunia) 😦

4. SAS-Baby Rock

Siapa bilang musik Pop Punk a la Pee Wee Gaskins hanya ada di tahun 2ooo’an? SAS telah membaliknya meskipun lagu ini dominan nuansa hard rock namun tidak salah jika kita menganggap bahwa bayi dari musik Pop Punk ada di lagu ini (sesuai dengan judulnya kan?)

Permainan gitar legendaris Soenata Tandjung (yang kini menjadi musisi pengiring di Gereja dan pengkotbah) dan betotan bass Arthur Kaunang (yang juga bernasib sama seperti Soenata) serta permainan drum Syech Abidin(yang dimana tidak ada info tentang beliau)  menguasai  lagu ini, dan Arthur Kaunang menjadi boss  sekaligus menguasai Keyboard dan Vokal. Unsur Timur Tengah dimasukkan Arthur Kaunang melalui permainan keyboardnya. Uniknya permainan keyboardnya terdengar lebih megah, bahkan jika dibandingkan Jon Lord (Deep Purple) hingga pemain keyboard orkes-orkes dangdut sekalipun. Case Closed.

3. Pure Saturday-Kosong

Pure Saturday Mark 1

Pure Saturday Mark 1

Britpop (tepatnya shoegazing)  pun mempengaruhi musik Indonesia dan Pure Saturday menyanyikan a la Indonesia. Harapan adalah sesuatu yang berusaha disampaikan melalui  Suar Nasution, sang vokalis yang kini posisinya digantikan Satrio Nurbambang. Intro  yang dimulai  dentingan gitar sebanyak empat kali yang harmonis disusul ketukan drum Udhe yang tidak terlalu menggebu-gebu justru menjadikan lagu ini easy listening (seperti bahasa gaul masa kini) dan bermakna dalam alias tidak kosong seperti judul lagunya. Untungnya ada seorang anak muda bernama Olla Zen mengaransemennya *namundibikinversijazz dan kini mereka menyanyikannya kembali dalam acara modern Radio Show @ Tv One 

2. Ahmad Band – Distorsi

Ahmad Band, Lebih Bagus Daripada The Rock

Distorsi adalah perubahan bentuk dasar dari suatu objek. Dalam dunia musik, distorsi adalah suatu efek yang menciptakan suara yang lebih berat dan kotor dengan mengepres gelombang yang timbul dari instrumen dan menambahkan overtone (frekuensi yang lebih tinggi dari frekuensi dasarnya).  Meskipun terdengar merubah tatanan dasar, namun dalam musik keras terutama rock distorsi adalah unsur penting dalam membuat nada suatu lagu. Namun Ahmad Dhani memikirkan hal lain dengan kalimat ini, dia tidak ingin membahas fiksi ilmiah dengan memakai judul yang sangat berat ini, namun membahas POLITIK dan SOSIAL. Mengenai dua golongan yang terkadang terlihat sok2an  berwibawa namun kenyataannya berbeda dengan apa yang terlihat di luar. Sebuah kejujuran diungkapkan oleh tokoh yang sering difitnah oleh beberapa kalangan sebagai keturunan Yahudi dan  Freemasonry ini *uppppssss dengan menggunakan kata yang jarang digunakan dalam bahasa Indonesia namun coba diubah ke dalam arti lain yang kira-kira sejalan dan tetap mempertahankan kesan elegan (tapi tidak mewah). Sayang, kini sang pencipta lebih memilih melanjutkan the rock daripada Ahmad Band dan lebih memilih menjadi “Billy Corgan” versi gagal.  D OH!

1. Anda_Lagu Anda ?

Kenapa? Ya sederhana saja, lagu yang menurut saya harus ada di musik Indonesia sekarang adalah lagu pilihan anda sendiri! Anda bukan robot yang diatur oleh suatu sistem elektronik atau mesin kendaraan yang diatur di ruang kemudi kan? Semua ini terserah anda, mau rock, pop, jazz, dance, disko, dangdut, religi atau tidak ada lagu lain 🙂

Meskipun demikian, saya tetap setuju kalimat yang diungkapkan Sandy Pas Band saat membawa acara Radio show @ Tv One = Anda boleh menyukai musik yang  berbeda namun jika anda menghargai aliran musik lain yang berbeda dengan aliran musik anda maka anda berbeda! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: