Aku dan Politik

Kenapa politik? Bukannya kamu senang musik dan budaya populer? Bukannya kamu berjanji untuk tidak mendekati politik lagi? Memang, sebuah ironi jika kita berbicara tentang politik. Karena apa? Karena politik adalah ciptaan manusia bukan ciptaan Tuhan (ingat, menurut Alkitab Tuhan menciptakan manusia pada hari keenam dan pada hari ketujuh ia beristirahat untuk memberkati semua ciptaannya. Lagipula Adam dan hawa saat pertama kali mendiami Taman Eden tidak pernah membuat organisasi apalagi partai politik).
Tetapi seiring dengan perkembangan psikologis yang matang, saya mulai menyadari untuk memandang politik sebagai suatu media bukan sebagai suatu subjek apalagi objek. Bukan karena saya kuliah di luar jurusan politik tetapi saya mulai sadar sebenarnya politik adalah benda lunak (software) atau dalam bahasa sederhana : benda abstrak.
Kenapa dahulu saya tertarik politik? Saya terinspirasi dengan tokoh-tokoh dunia yang berhasil dengan daya dan upaya mereka. Jauh sebelum Mario Teguh menginspirasi orang-orang dengan kata-kata motivasinya. Saya terinspirasi dengan JFK dan keluarga Kennedy saat menginspirasi Amerika pada dekade 50’an dan 60’an

JFK at TIME magazine Covers

Don't Ask to Your Country What They Give to You But Ask Yourself What You've Give To Your Country


Saya terinspirasi Gandhi saat beliau berjuang bersama rakyat India untuk bebas dari kolonialisasi Britania Raya (British Raj)
Mohandas 'Mahatma' Gandhi

Mohandas 'Mahatma' Gandhi

dan secara pribadi saya dahulu mengagumi Bung Karno

Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat


Apakah sekarang saya melupakan mereka? Tidak, saya bukan melupakan mereka tetapi saya merubah cara pandang saya karena tepengaruh cara pandang mayoritas terhadap permasalahan sekarang ini. Saya mungkin seorang munafik bagi seorang idealis atau seorang realis, tapi saya juga harus sadar apa potensi dan minat dari diri saya sebenarnya sehingga saya tidak menjadi kedelai yang jatuh ke lubang yang sama lagi.

Comments
One Response to “Aku dan Politik”
  1. Hai,

    Nama saya Roxanna Silalahi, dipanggil Riry, PR dari Kompas TV.
    Saya ingin minta alamat email untuk saya kirimkan press release mengenai event #K20Special tanggal 28 November 2013 pukul 20.00-22.00, live dari Kompas TV.
    Acara ini adalah kerjasama Kompas TV dengan KPU. Kali ini KPU memilih musik sebagai salah satu media untuk mengajak pemuda/i Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya tahun depan.

    Mohon infonya ya, terima kasih,
    Riry

Leave a Reply

