Pembahasan Menyebalkan Tentang Grunge

Sekali lagi saya bicara grunge seperti yang pernah saya posting di blog saya sebelumnya http://sadcountryballadman.blogspot.com/2012/04/pearl-jam-menurutku.html. Sayaakan membahas grunge tetapi lebih universal. Hari ini saya bermalas-malasan dahulu karena tidak ada kuliah, dan di hari kemalasan itu saya melihat ini =   dan kemudian saya teringat akan . Terbesit di pikiran saya = apakah grunge itu sebenarnya? dan bagaimana mereka bisa tiba-tiba muncul pada dekade 90’an? http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/grunge-seattle-sound-dan-apa-hubungannya-sama-gw/ mungkin menjawab pertanyaan saya ”

Grunge sebenarnya adalah istilah “slang” di Amerika tahun 1965 yaitu “grungy” yang diartikan sebagai “dirty” atau

Green River

Green River, The First Grunge Band of Seattle

“filthy”. Istilah grunge dalam dunia musik pertama kali dipakai oleh band dari Seattle, Green River dengan pentolan mereka Mark Mc Laughlin atau yang dikenal sebagai Mark Arm. Mark Arm pertama kali menulis untuk sebuah zine (majalah komunitas) di kota Seattle “Desperate Time” (now i understand why Seattle is so Gloomy) pada tahun 1981. Dia mengirimkan sebuah ulasan tentang bandnya “Mr. Epp and the Calculations” dimana ia menulis “Pure Grunge ! Pure Noise ! Pure Shit”.  Kemudian istilah grunge juga diartikan sebagai subgenre dari alternative rock yang muncul di Amerika Serikat pada pertengahan 1980-an khususnya di negara bagian Washington. Istilah ini mulai dikembangkan oleh Bruce Pavitt, pendiri label indie Sub Pop untuk ia gunakan sebagai nama aliran dari musisi-musisi atau badn tempat ia menaungi rekaman tersebut.

 

Glam Metal Bands

Ini bukan display model rambut “______”

Grunge sendiri terinspirasi oleh aliran hardcore punk, heavy metal dan indie rock, grunge secara umum ditandai oleh distorsi berat gitar listrik, dinamika lagu kontras, dan apatis ( lirik penuh kecemasan ). Estetika grunge adalah dilucuti-turun (atau penurunan) jika dibandingkan dengan bentuk-bentuk lain dari musik rock banyak musisi grunge yang terkenal karena penampilan mereka yang tak terpelihara (tak terawat) dan penolakan terhadap sandiwara (anti make-up dan sejenisnya). Musik Grunge banyak mengambil tema lirik mengenai alienasi sosial,apatis,dan keinginan untuk kebebasan (sehingga mereka lebih universal dan liberal dibandingkan musik-musik yang lain seperti Glam Metal atau Hardcore) . Banyak band-band  Grunge mempunyai tema untuk menggambarkan keinginan mereka untuk bebas dari dunia yang digambarkan dengan kata-kata yang terkesan sulit untuk dimengerti (atau di dalam kata lain mereka memiliki dunia sendiri) . Banyak musisi Grunge yang menggambarkan kekecewaan umum dalam keadaan masyarakat, serta prasangka sosial. Namun tidak semua lirik musik Grunge berisikan lirik” mengenai keresahan sosial masyarakat, ada beberapa lirik musik grunge yang berisi mengenai humor.” Salah satunya adalah lagu “Bugs” karya Pearl Jam. . Di mana di dalam lagu ini, Eddie Vedder menceritakan fantasinya tentang adanya serangga (bugs) yang ditemukan di dalam kamarnya.

 

Grunge meraih sukses di dunia musik secara komersial pada tahun 1990-an awal pada saat kemunculan Nirvana dan Pearl Jam. Keberhasilan mereka membuat musik alternative rock terutama grunge menjadi populer pada masa itu. Saking populernya aliran ini, sempat muncul istilah Grunge untuk hal-hal lain di luar musik grunge seperti Grunge Fashion

Grunge Fashion

Typical of Grunge Fashion (flannel)

Grunge Governor

That Maybe they followed like this

Grunge Kilt

That Maybe Look Like This 

 

 

 

Actually, they are just inspired from the celt fabric culture “Tartan” which is different from every single family clan.

Saking mewabahnya, banyak musisi-musisi yang meniru konsep mereka seperti Stone Temple Pilots

Batu

Stone

Pilot Pesawat Temput

Pilots

Candi

Temple

Jadilah Stone Temple Pilots ???????????

Stone Temple Pilots

Stone Temple Pilots, namanya aneh tapi masuk Rolling Stone lho :p

Hingga band dengan nama “Silverchair”

Kursi Perak

Kursi Perak dari Kotagede

Silverchair

Silverchair dari Australia, kayak Hanson ya ? 😛 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yap, begitulah perkenalan pemula dan menyebalkan tentang grunge. Jika saya ada waktu dan dalam mood yang menyenangkan, saya akan mengeditnya ke dalam format yang populer dan menyenangkan

SBY

Populer dan Menyenangkan, Like This

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: